Problematika Pria : Menyingkap Rahasia Mencegah Ejakulasi Dini Pada Pria

Ejakulasi dini adalah proses ejakulasi yang terjadi sebelum waktu yang diharapkan, yaitu sebelum penetrasi atau tidak lama setelah penetrasi terjadi. Dengan kata lain, pria dapat mengalami ejakulasi bahkan dengan sedikit rangsangan saja dan sebelum waktu yang diharapkan.
Ejakulasi dini dapat dialami oleh banyak orang dalam situasi tertentu, seperti saat merasa resah, berhubungan seksual untuk pertama kalinya dengan pasangan baru, atau jika sudah lama tidak berhubungan seksual. Pada sebagian kasus, kondisi ini dapat terkait dengan efek samping konsumsi obat-obatan, cedera, ataupun gangguan hormonal. Namun, penyebab yang jelas pada sebagian besar kasus ejakulasi dini tidak diketahui.
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi semacam ini dapat menjadi serius karena berisiko mengakibatkan kekecewaan pada pasangan dan dapat membahayakan hubungan dalam jangka panjang.

Cara Cepat Mencegah Ejakulasi Dini

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan ejakulasi dini sehingga diperlukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui penyebab pastinya. Oleh karena itu, memeriksakan diri ke dokter adalah langkah awal yang tepat untuk mengetahui cara mencegah ejakulasi dini berdasarkan potensi penyebab-penyebabnya. Mengenali berbagai pilihan cara mencegah ejakulasi dini ini juga dapat membantu Anda dan pasangan dalam menemukan langkah antisipasi yang paling tepat sesuai petunjuk dokter.
Relaksasi
Pada sebagian besar kasus yang terjadi, ejakulasi dini dapat mereda seiring waktu. Pada kasus seperti ini, mencegah ejakulasi dini dapat dilakukan dengan berlatih relaksasi. Hal paling sederhana adalah mengambil napas panjang untuk menunda ejakulasi.
Mencoba posisi lain saat bercinta
Biarkan wanita mengambil posisi di atas agar dia dapat menarik diri saat pria merasa akan ejakulasi. Selain itu sebaiknya hindari posisi pria di atas dan ganti dengan posisi bersisian atau mengurangi kecepatan penetrasi.
Obat bius oles
Obat bius oles kadang dapat dioleskan beberapa waktu sebelum rangsangan seksual untuk mencegah ejakulasi dini. Obat bius ini bekerja dengan cara mengurangi sensasi yang dirasakan pria. Namun efek sampingnya, beberapa pria mengaku obat bius ini mengurangi kesenangan mereka saat berhubungan seksual dan juga berisiko menyebabkan risiko alergi pada wanita.
Mengonsumsi obat yang dapat penunda orgasme
Dokter dapat meresepkan obat-obatan untuk menunda orgasme dini pada pria. Obat ini dapat mengandung antidepresan dan analgesik. Tetapi tentu saja obat-obatan ini dapat menimbulkan efek samping, seperti sakit kepala. Pada sebagian pria, penggunaan obat antidepresan untuk mengatasi ejakulasi dini dapat berakibat kepada penurunan gairah seksual.
Konseling/terapi bicara
Pasangan diajak berbincang dengan konselor untuk membahas perihal masalah hubungan, meredakan kecemasan, dan sekaligus menemukan cara untuk mengelola stres. Terapi ini juga dapat dilakukan dengan obat-obatan.
Teknik perilaku
Ada cara-cara sederhana yang dapat dipilih untuk dilakukan, misalnya:
  • Masturbasi setidaknya dua jam sebelum melakukan hubungan seksual agar pria dapat menunda terjadinya ejakulasi.
  • Saat akan mencapai ejakulasi, pria juga dapat berhenti sejenak dan memikirkan sesuatu yang membosankan.
  • Gunakan kondom tebal.
  • Turunkan testis secara perlahan-lahan saat akan mencapai ejakulasi.
Olahraga
Senam kegel tidak hanya bermanfaat bagi wanita. Pria yang melakukan gerakan ini secara teratur juga dapat mengencangkan otot pubokosigeus.
Teknik tekan tahan
Metode ini membutuhkan kerja sama dari pasangan saat seorang pria sudah merasa akan mencapai orgasme. Minta pasangan untuk meremas area batas kepala penis dan batang penis selama beberapa detik hingga keinginan untuk ejakulasi berlalu, kemudian lepaskan. Lanjutkan foreplay setelah menunggu 30 detik. Setelah diulang berkali-kali, pria akan belajar untuk terbiasa menunda ejakulasi.
Tekanan pada perineum.
Mencegah ejakulasi dini juga dapat dilakukan dengan menekan perineum, yaitu area antara anus dan skrotum.
Selain cara-cara di atas, ada juga krim, obat semprot, dan gel yang dapat dioleskan sebelum berhubungan seksual guna mengurangi sensasi orgasme.
Semua metode di atas masih perlu dicoba-coba karena belum tentu tepat diterapkan pada tiap pria. Menentukan cara yang tepat untuk mencegah ejakulasi dini akan membuat hubungan seksual dengan pasangan bisa kembali membahagiakan. Konsultasi pada ahli kesehatan jiwa mungkin juga akan membantu Anda menangani masalah ejakulasi dini.

0 komentar:

Posting Komentar